Thursday, April 16, 2009

Misteri Manusia Hobbit - based on horizon bbc

PANDI Myth and Unlogical - menarik juga ternyata misteri hobbit ini pertama kali pas ngeliat relevansinya dari blog stevy yang nulis penuturan saksi mata di kawasan Jawa Timur pada tahun 1984 - 2003. dan pada tahun 2004 muncul istilah Homo Floresiensis yang pertama kali diangkat di Nature oleh 7 orang ilmuwan Mike Morwood, Peter Brown, T. Sutikna, R.P. Soejono, Jatmiko, E. Wayhu Saptomo & Rokus Awe Due di kepuluan flores.



Video Dokumenter di atas merupakan bagian pertama dari 7 bagian yang semuanya ada di playlist youtube ini berikut saya angkat beberapa fakta penting yang terdapat pada video :

Di video ini peneliti dari Australia yang secara rutin melakukan penelitian di pulau Flores menemukan sesuatu yang tidak mereka duga-duga. awalnya mereka mengira bahwa itu adalah kerangka dari anak berumur 3 tahun akan tetapi ketika melihat susunan dan bentuk gigi. dapat diketahui bahwa itu bukanlah kerangka seorang anak kecil melainkan orang dewasa. hal menarik lain muncul ketika Peter Brown melihat dan menscan Gigi dari fosil berusia 18000 tahun itu terdapat sebuah fakta mengagetkan bahwa fosil itu memiliki 2 akar pada giginya.

dicarilah oleh mereka golongan dari cabang pohon yang manakah nenek moyang manusia yang satu ini. pertama kali diduga berdasarkan besar tubuh fosil ini merupakan bagian dari Australopithecine akan tetapi kemunculan spesies ini tidak pernah ditemukan di Indonesia. yang kedua adalah Homo Habilis, tapi faktanya Homo Habilis terakhir hidup 1,5 juta tahun yang lalu. Neandhertal juga memiliki perbedaan pada kerapatan tulang dada. dan terakhir ketika ditemukan kunci pada tengkorak yang lebih mendekati pada Homo Erectus namun hanya saja berukuran lebih kecil maka harus ada nama baru dan tersebutlah Homo-Floresiensis ini.

Tim sempat kaget ketika Prof Teuku Jacob dan Universitas Gajah Mada Meminjam tulang ini tanpa diketahui oleh tim, akan tetapi Prof Jacob mengaku kalau dia telah mendapatkan izin dari seseorang di dalam tim.

tentunya pengangkatan sebuah teori dan temuan baru tidaklah mudah dalam science, begitu banyak yang kontra, sampai terdapat temuan yang benar-benar valid dan cukup untuk mengatakan bahwa Homo Floresiensis itu ada.

Pada tahun 2005 akhirnya ditemukan fosil Homo-Floresiensis untuk yang kedua kalinya.. akan tetapi masih kurang bukti yang dapat mengatakan bahwa Homo Floresiensis itu ada. butuh waktu ... satu dekade lagi mungkin. ujar Prof Bert Robberts.

Fakta lain.. Mungkinkan mahluk kecil yang mereka liat di Jawa Timur merupakan Hobbit yang ada di Flores?

Sumber
* Forum Apa Kabar
* cameronlaird.com
* washingtonpost.com

2 comments:

  1. karena video yang diatas dah di apus dari youtube kalo ada yang mau request aja ntar gw kasih link downloadnya ^_^

    ReplyDelete
  2. klo ndak salah ni pernah di tv yah???

    ReplyDelete